13 September 2008

Tomat Pencegah Kanker Prostat

Tomat (Solanum lycopersicum ada dua macam yaitu tomat buah dan tomat sayur. Yang membedakannya adalah bentuk dan ketebalan kulitnya. Tomat buah bentuknya agak lonjong dan kulitnya tebal sedangkan tomat sayur berbentuk bulat dan kulitnya lebih tipis. Tomat buah biasanya bisa langsung dikonsumsi tanpa perlu dimasak dulu serta lebih tahan lama dibandingkan tomat sayur. Kesamaanya, kedua tomat ini berkhasiat bagi tubuh manusia.
Tomat dapat mengatasi gusi berdarah, mengatasi sembelit, menghaluskan wajah dengan mengoleskan berkali-kali setiap hari.
Ada sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University of Public Health yang mengungkapkan bahwa pria yang banyak makan tomat 45% kecil kemungkinanya terkena kanker prostat. Risiko semakin jauh berkurang apabila tubuh mendapatkan lycopene langsung dari buah tomat atau dalam bentuk saus tomat. Pria yang secara rutin makan tomat atau saus tomat secara rutin setiap minggu, rata-rata 23% lebih kecil menderita kanker prostat apabila dibandingkan pria yang hanya setiap bulan rutin mengkonsumsi tomat. Pengamatan dilakukan dalam masa studi selama hampir 30 tahun.

No comments: