25 September 2008

Menghadapi Gempa

Indonesia adalah negara yang sangat rawan akan gempa. Sudah sering kali Indonesia mengalami gempa yang banyak menimbulkan korban jiwa. Oleh karena orang indonesia harus lebih siap ketika menghadapi gempa. Ada beberapa tips dalam menghadapi gempa yang bersumber dari Education for Hazards yaitu:
* Jika berada dalam ruangan.
- Menunduk, melindungi kepala, dan bertahan. Berlindung di bawah meja atau bangku, memegang kaki dan menutup mata.
- Jika tidak ada meja atau bangku untuk berlindung, merapat pada dinding disudut ruangan yang jauh dari benda-benda yang dapat menjatuhi anda. Jauhi jendela, rak buku, lemari, atau mebel yang tinggi dan berat.
- Tunggu di tempat aman sampai guncangan reda, kemudian periksa tubuh anda apakah terdapat luka. Periksa orang di sekeliling anda. Jalan berhati-hati, waspadai benda-benda yang berjatuhan.
- Waspadai gempa susulan, yaitu gempa yang lebih kecil yang akan muncul beberapa saat sesudah gempa utama. Bersiap untuk kembali menuju tempat yang aman.
- Waspadai dan jauhi api. Meskipun tidak ada api, biasanya alarm dan "sprinkler" (penyiram air) di dalam gedung akan aktif. Tinggalkan bangunan saat gempa reda, jangan menggunakan lift.
* Di luar ruangan.
Tetaplah di luar ruangan dan hindari bangunan, pohon, lampu penerangan jalan, dan tiang listrik. Menunduk dan selalu lindungilah kepala anda.

2 comments:

Anonymous said...

bagus nih sumber yg udah ngasih tips, daripada para ahli yg mengabarkan (di CNN) bakal ada gempa dahsyat di Indonesia tgl 17 kemaren.. dalihnya sih agar masyarakat waspada tp malah jd bikin resah..

Friezan Gardana said...

hehe..itu mah dah biasa bro..
gempa itu belum bisa diprediksi kapan datangnya..