14 September 2008

Manfaat Lebah

Lebah adalah hewan yang multi manfaat, selain menghasilkan madu, sengatnya yang kita takuti ternyata bisa dimanfaatkan sebagai penyembuh penyakit.
Madu yang dihasilkan oleh lebah itu mengandung glukosa, fruktosa, enzim, vitamin, mineral, antibiotika, dan antioksidan, terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
Madu juga menjadi bahan utama kosmetika yang dapat menghaluskan kulit serta menyembuhkan luka. Menurut Bambang Soekartiko yang merupakan seorang pakar lebah sebenarnya Lebah tak hanya menghasilkan madu tapi juga menghasilkan royal jelly, propolis, serta pollen yang juga bermanfaat bagi kesehatan manusia. Royal jelly dibutuhkan bagi pertumbuhan jaringan tubuh dan regenerasi sel.
Royal jelly juga mampu menyembuhkan kanker, kelelahan kronis, impoten, alergi, kekacauan imunitas tubuh, tekanan darah tinggi, asma, diabetes, pembuluh darah kapiler yang lemah, tukak lambung, arhtritis, varicose veins, anemia dan gangguan prostat.
Sedangkan bee pollen atau tepung sari merupakan sumber protein. Lebah juga mengandung propolis yaitu getah tanaman yang dikumpulkan lebah untuk melindungi sarangnya sekalìgus sebagai antibiotik.
Tak hanya itu, sengat lebah juga bermanfaat sembuhkan encok, asam urat, lemah syahwat, nyeri punggung dan otot, darah rendah, darah tinggi, kencing manis, sakit gigi, disfungsi ereksi, migren, disfungsi syaraf, serta menurunkan berat badan.

No comments: