05 September 2008

Mengatasi Komputer Hang

Hang adalah suatu kondisi dimana sistem komputer tidak mau menerima respons atau perintah dari keyboard atau mouse. Jangankan merespon, pointer mouse yang ada di layar saja kadang tidak bisa digerakkan sama sekali, gejala ini hampir sama jika sistem komputer mengalami crash.
Berikut ini cara mengatasinya:
1. Memastikan semua hardware dan perangkat lainnya terpasang dengan baik dan bebas dari debu serta kotoran. Anda bisa menggunakan blower, air compressor atau kuas untuk melakukan langkah ini, atau gunakan contac cleaner untuk mengusir noda yang menempel.
2. Memeriksa sistem yang berjalan dalam komputer. Pastikan semua hardware atau perangkat lain ter-install dengan baik, atau anda juga bisa menginstall ulang dengan drivers yang ada. Jika mencurigai adanya drivers yang menjadi penyebab sistem komputer hang, cobalah untuk menghapusnya dan lihat apakah komputer masih mengalami hang. 3. Program yang tak terinstall dengan baik menjadi penyebab lain karena ia terus menggunakan memory sampai komputer tadi menjadi hang. Langkah untuk mengatasi hal ini adalah melakukan update pada sistem operasi dan aplikasi lain dengan langkah yang benar.
4.Memeriksa sistem komputer apakah terserang virus atau tidak. Karena itu gunakan antivirus dan jangan lupa untuk selalu meng -update. Anda bisa bertanya kepada mereka yang lebih paham antivirus mana yang paling baik, sementara untuk update anda bisa mencarinya lewat internet. Setelah antivirus terpasang, lakukanlah pemindaian virus secara rutin agar sistem benar-benar bersih.
Ke empat langkah tersebut dapat dilakukan setelah kita mencoba merestart komputer dengan tombol restart atau tombol on/off yang terdapat pada casing tapi sistem masih mengalami hang.

No comments: