08 July 2008

Menyikapi keduniaan

Jangan terlalu banyak berharap dalam menjalani kehidupan didunia ini, sebab kita tidak akan mungkin menjumpai kesempurnaan.
Orang yang berhasil mencapai kedudukan tinggi belum tentu merasa atau bahkan tidak dapat merasa tentram, karena terlalu diburu oleh waktu dan dibayangi oleh kecemburuan orang lain, apalagi kalau kedudukan itu dicapai dengan jalan yang tidak benar, tentu akan dihantui oleh perasaan berdosa.
Demikian pula halnya dengan yang berkedudukan sosial rendah, sebab ruang geraknya terlalu sempit dan gelisah oleh keinginannya yang tak pernah tercapai, jadi yang berkedudukan tinggi tidak ada waktu untuk merasakan ketentraman sedangkan yang berkedudukan rendah tidak cukup mampu untuk menikmati ketentraman.
Kebutuhan hidup bertambah sejalan dengan bertambah majunya pengetahuan, laju kebutuhan tidak seimbang dengan kemampuan yang terbatas, sehingga kepuasan bertambah jauh.
Kalau memaksakan diri untuk memenuhi kebutuhan, biasanya ada pihak yang dikorbankan, kalau bukan diri sendiri pasti orang lain atau kedua-duanya.
Jadi berbahagialah orang yang dapat menikmati dunia dengan segala ketidaksempurnaanya, dengan menempuh jalan yang benar, karena tahu untuk apa ia hidup.

No comments: