30 August 2008

Mencetak Foto Berkualitas

Untuk mendapatkan kualitas cetak yang bagus, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yang pertama adalah Printer, bila akan digunakan untuk mencetak foto dengan resolusi tinggi, tentu printernya juga harus mempunyai spesifikasi yang sama.
Selanjutnya printer juga harus mampu mencetak diatas kertas foto, sebab kualitas gambarnya akan lebih baik jika dicetak di atas kertas foto. Printer jenis ini tentu saja relatif lebih mahal. Jenis dan kualitas kertas foto juga harus diperhatikan untuk mendapat gambar yang bagus.
Bacalah buku petunjuk manual printer saat hendak mengganti tinta printer yang sudah habis atau cartridge yang sudah tidak layak pakai. Selain dikhawatirkan dapat merusak printer, tinta atau cartridge yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrik tentu akan mengurangi kualitas cetaknya. Beberapa hal yang dapat dicoba saat mencetak foto menggunakan printer sendiri: Jika kertas yang digunakan cukup berat dibanding kertas lain, masukkan satu persatu kedalam printer untuk menghindari kertas tersumbat. Setelah selesai mencetak diatas kertas foto, diamkan hasil cetak kurang lebih 15 menit, kemudian atasnya dilapisi dengan kertas yang biasa, hal ini untuk menghindari jatuhnya benda asing keatas hasil cetakan yang dapat merusak. Ada baiknya untuk menyimpan foto paling tidak sehari semalam sebelum foto tersebut diletakkan dalam bingkai.

No comments: