24 March 2009

Ossama VS Obamma

Pasca turunnya Bush, dunia berharap, terutama dunia Islam kepada sosok Barrack Obamma untuk lebih arif dalam menjalankan kebijakan luar negri Amerika.

Seperti kita ketahui kebijakan George Walker Bush terutama terhadap dunia Islam sangat tidak adil, contoh paling jelas adalah serangan AS terhadap Irak dengan alasan yang sampai sekarang tak ada buktinya yaitu menyimpan senjata pemusnah massal. Bahkan yang lebih menyakitkan umat muslim adalah pernyataan Bush yang menyebutkan agresi militer ke Irak sebagai Perang Salib (Crusade) meskipun kemudian ia meralat pernyataan tersebut.

Kebijakan Obamma sepertinya tidak akan jauh berbeda meski tidak sekonfrontatif Bush, tapi kebijakan terang-terangan memihak Israel dan penambahan pasukan AS untuk dikirim ke Afghanistan.

Kebijakan-kebijakan luar negri AS yang selalu menekan dunia Islam, tentu saja akan menimbulkan reaksi keras terutama dari kelompok-kelompok gerakan bawah tanah seperti Al-Qaeda pimpinan Ossama bin Laden. Haruskah perseteruan Bush VS Ossama, berubah menjadi perseteruan baru antara Obamma VS Ossama..??

Dunia memang menginginkan perdamaian, tapi selama negara yang merasa menjadi adikuasa itu bertindak sewenang-wenang hal itu sulit tercipta.

No comments: