02 November 2008

Pengaruh Pilpres AS Bagi Indonesia

Di AS sono akan bertarung dengan sengit dua Kandidat Presiden Amerika Serikat yaitu Barrack Obamma dari partai Demokrat dan Jhon Mc Cain dari partai Republik.
Menurut survey di As Obamma smentara ini mengungguli Mc Cain, entah nanti pada hari H-nya yaitu tgl 4 november siapa yg bakal menang...
Nah..! Pertanyaanya, begitu berpengaruhkah pilpres di AS bagi Indonesia? Mungkin sebagian besar pengamat akan mengatakan jelas berpengaruh dong..! Bukan hanya Indonesia tapi bagi sebagian besar negara2 di Dunia mengingat hegemoni AS yg begitu kuat.
Jika Mc Cain menang, kebijakan luar negri AS tetap akan keras seperti halnya saat ini ketika di pimpin oleh Bush, termasuk menekan Indonesia dalam menangani terorisme. Dan jika Obamma menang, banyak pengamat yang mengatakan bahwa kebijakan luar negri AS akan lebih melunak, karena kemungkinan Obamma akan lebih fokus pada persoalan dalam negri terutama masalah ekonomi mengingat AS kini sedang dilanda masalah krisis keuangan.
Namun adakah jaminan jika Obamma yg memang menjadi favorit sebagian besar masyarakat Indonesia karena pernah bersekolah di Indonesia ini memenangkan pemilihan presiden tersebut akan membuat hubungan antara Indonesia dan AS akan menjadi lebih baik? Tentu masih perlu pembuktian.
Namun sebenarnya apapun hasil dari pilpres AS, sebaiknya Indonesia secara bertahap mulai mengurangi ketergantungan kepada AS, agar ketika terjadi krisis ekonomi atau kekacauan politik imbasnya tidak terlalu besar terhadap Indonesia.

No comments: