07 June 2009

Dampak Pembangunan Bagi Bosscha

Dinamika pembangunan di Kota Bandung memang nampak pesat, gedung-gedung baru terus bermunculan, namun yang cukup mengkhawatirkan, roda pembangunan terus bergulir hingga lembang di kawasan Bandung Utara. Seperti kita ketahui di kawasan itu berdiri tempat peneropongan bintang yakni Observatorium Bosscha.

Tempat peneropongan bintang ini didirikan di Lembang, karena pada waktu itu masih merupakan tempat yang kondusif jauh dari tempat pemukiman, sehingga tidak banyak penerangan yang mengganggu proses saat pengamatan. Saat cuaca cerah, langit akan sangat gelap sehingga cahaya bintang akan terlihat dengan jelas.

Saat ini kondisi Bosscha dalam keadaan terancam oleh maraknya pembangunan di kawasan Bandung Utara, yang membuat langit di wilayah itu menjadi lebih terang terpapar polusi cahaya dari lampu-lampu gedung yang tentu saja akan mengganggu proses pengamatan bintang di Obsevatorium Bosccha. Hal ini tentu harus jadi perhatian khusus, terutama oleh pemerintah agar keberadaan Bosccha tetap terjaga dan dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

No comments: