12 December 2008

Adu Domba Di Garut

Ini adalah salah satu tempat diselenggarakan adu domba di Kabupaten Garut.
Adu domba memang sangat terkenal di kabupaten ini, beberapa tempat yang kerap mengadakan acara ajang unjuk kekuatan tanduk domba ini di antaranya adalah Cikuray, Leles, Ngamplang, Tarogong, Cilawu, Ranca Bango, Cipanas dan lain-lain.
Untuk mengikuti ajang ini biasanya para peserta dipungut biaya pendaftaran, dan untuk memeriahkan suasana, panitia biasanya memainkan bunyi-bunyian atau jika hajatanya besar dengan peserta yang banyak panitia akan menghadirkan seorang Sinden dan pemain musiknya untuk melantunkan tembang khas tanah parahyangan.

Seperti pertandingan tinju, adu domba juga ada wasit, juri dan peraturanya. Ada beberapa kriteria penilaian selain kekuatan tanduk yang bisa membuat domba itu menjadi pemenang yaitu jauhnya jarak mundur saat akan menabrakkan tanduknya, keindahan bulunya serta kesehatan dan kekuatan badannya.
Biasanya domba-domba yang menjadi pemenang nilai jualnya akan naik.

Namun penyelenggaraan adu domba ini kadang menjadi kontroversi, karena dari kalangan para pecinta binatang kegiatan ini dianggap sadis, belum lagi jika dilihat dari kacamata agama.
Untuk mengurangi tekanan dari elemen masyarakat yang kontra dengan acara adu domba ini, para pelaku ajang ini pun membuat peraturan yang bisa meminimalisasikan cidera parah pada domba aduan, misalnya dengan memberhentikan aduan jika salah satu domba terlihat enggan beradu lagi atau terlihat terluka parah.

No comments: