06 October 2008

Situ Ciburuy

Danau atau lebih dikenal dengan nama situ oleh masyarakat tatar Sunda banyak bertebaran di wilayah Jawa Barat, salah satunya adalah Situ Ciburuy yang berada di daerah Kabupaten Bandung Barat. Situ Ciburuy juga menjadi salah satu tempat yang dijadikan sebagai obyek wisata di Jawa Barat.
Letaknya yang strategis karena tepat berada di sisi jalan Bandung-Cianjur, selain itu tempat ini juga dijadikan terminal pemberhentian dan pemberangkatan bus kota Damri jurusan Alun-alun Bandung-Ciburuy.
Namun sampai saat ini, Situ Ciburuy belum mampu bersaing dengan daerah-daerah wisata lainnya yang berada di seputaran Bandung, seperti Tangkuban Parahu dan Situ Patenggang.
Saat ini volume air di Ciburuy terlihat surut, berada dikisaran 2 juta m3, padahal situ Ciburuy mampu menampung volume air hingga 6-8 juta m3.
Dengan telah resminya Kabupaten Bandung Barat menjadi sebuah kabupaten baru setelah lepas dari kabupaten Bandung, semestinya keberadaan situ Ciburuy lebih terperhatikan lagi, agar situ Ciburuy menjadi tempat wisata yang dapat diandalkan di Jawa Barat.

No comments: