25 October 2008

Daftar Sekolah Terbaik

Kalau di AS sono ada lho daftar sekolah terbaik yang bertujuan mengetahui kualitas SMA di AS.
Newsweek pernah mengumumkan hasil studinya tentang 1000 Top U.S school.
Berdasarkan pada publikasi tsb SMA terbaik pd saat itu, sekitar tahun 2006-2007 adalah SMA Jefferson Country yg berlokasi di daerah Irondale, Alabama no.1, kmudian SMA International Academy yg berlokasi di daerah Bloomfield Hill, michigan no.2, serta SMA Stanton College Preparation yang berlokasi di Jacksonville berada di urutan 3.
Nah pertanyaannya, bisakah publikasi daftar sekolah terbaik di terapkan di Indonesia?
Masih sulit memang menentukan mana sekolah terbaik di Indonesia.
Selama ini masyarakat Indonesia menentukan sekolah terbaik berdasarkan passing grade tertinggi untuk sekolah negri dan kelengkapan fasilitas untuk sekolah swasta.
Berdasarkan PP No.19 Tahun 2005 tentang standar Nasional Pendidikan (SNP) ada 8 standar dalam penyelenggaraan SMA sebagai lembaga formal pendidikan:
1. Standar isi 2. Standar proses 3. Standar kompetensi lulusan 4. Standar pendidik dan tenaga kependidikan 5. Standar sarana dan prasarana. 6. Standar pengelolaan 7. Standar pembiayaan dan 8. Standar penilaian pendidikan.
Namun sejauh ini jarang ada instansi swasta, majalah atau koran bahkan dari pemerintah melalui Departemen Pendidikan untuk mempublikasikan sekolah terbaik di Indonesia atau minimal di tiap-tiap daerah.
Memang kemungkinan besar jika ada publikasi tentang daftar sekolah terbaik di Indonesia maka Sekolah-sekolah di pulau Jawa akan lebih mendominasi karena pada umumnya pendidikan dipulau Jawa lebih maju dari daripada di luar Jawa.

No comments: